You are here
Home > Artikel > Solusi Mudah Memilih Kamera buat Fotografer Pemula

Solusi Mudah Memilih Kamera buat Fotografer Pemula

Mencari  jawaban tegas kamera apa  yang paling bagus untuk fotografer pemula adalah pertanyaan yang  terkadang membuat frustasi.  Mengapa.. karena jawaban kamera mana yang pemula harus gunakan adalah tidak 100% setiap orang sama.

Terlalu banyak hal yang menyebabkan merekomendasi kamera dengan satu merk tertentu saja akan sulit. Saat ini paling tidak terdapat 85 pabrikan kamera diseluruh dunia. Belum lagi spesifikasi teknik yang diberikan justru kadang membingungkan bagi fotografer pemula. Misalnya DSLR, MFT, full frame, crop, megapixel, noise performance, EVF, OVF, ISO dan kata-kata teknik lainnya.

Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk memilih kamera yang cocok? Berikut tulisan yang akan membantu Anda memutuskan.

FAKTOR PALING PENTING

TERBIASA!

Maksudnya begini, sebagai fotografer pemula, biasanya Anda akan belajar atau bertanya dengan orang di sekitar Anda yang  telah mempunyai kamera. Katakanlah teman Anda, guru Anda atau siapapun yang dapat memberi penjelasan tentang fungsi kamera. Saran saya, carilah orang yang mau mengajari Anda, dan gunakan kamera serupa dengan orang tersebut. Orang yang sudah terbiasa dengan kameranya.  Ini akan memudahkan Anda mengikuti apa yang diajarkan, dan orang tersebut juga akan lebih mudah menjawab pertanyaan Anda.

1-crazy-photographers

Sebagai pemula, tentunya Anda akan mempunyai banyak pertanyaan yang sifatnya teknis seperti apa itu exposure triangle (shutter speed, aperture, ISO) dan pertanyaan teknik pengambilan gambar lainnya. Akan lebih mudah bagi Anda mengikuti saat menggunakan alat yang serupa dengan yang melatih Anda.

DSLR VS MFT/MIRRORLESS

Saat Anda berpikir saatnya menggunakan kamera “serius”, Anda mungkin berpikir itu adalah kamera DSLR. Jenis kamera yang sudahbertahun-tahun dikenal ini mempunyai nama dari mirror kecil yang tertanam di badan kamera. Apalagi fotografer profesional juga dipastikan menggunakan kamera jenis ini.

Mungkin Anda akan terkejut bahwa saat ini kamera mirrorless sudah popular dan bahkan harganya ada yang  lebih mahal dari DSLR. Ini menunjukkan bawah kamera mirrorless tidak seperti kamera poket. Kemampuan dan kualitas gambarnya tidak kalah dengan DSLR. Mirrorless juga dapat digunakan untuk memulai belajar fotografi, namun ingat, pastikan Anda mempunyai mentor yang sudah terbiasa dengan kamera jenis ini.

CROP VS FULL-FRAME

Jika kamera DSLR adalah pilihan Anda, maka akan ada pilihan kedua, yaitu sensor fullframe (FX) atau crop. (DX). Secara teknis, ada perbedaan besar dari dua jenis sensor ini, namun pada dasarnya, crop sensor lebih kecil dari pada fullframe, yang artinya sensor ini mempunyai kemampuan menyerap cahaya lebih sedikit. Terdapat perbedaan harga yang cukup besar antar fullframe dan crop, demikian juga lensanya. Biasanya jika Anda mempunyai body fullframe maka lensanya juga harus yang full frame. Sebaliknya kamera crop sensor masih dapat menggunakan lensa fullframe.  Kecuali misalnya merk Nikon yang masih bisa bertukar lensa, dengan menyesuaikan settingan crop factor pada body fullframe.

Buat pemula, lebih baik gunakan yang crop sensor. Karena selain lebih murah, juga lebih mudah dalam hal depth-of-field, yang artinya Anda akan lebih yakin foto dalam keadaan fokus. Jangan khawatir kamera crop sensor juga dapat menghasilkan foto dengan hasil kelas profesional.

CANON VS NIKON

canon-vs-nikon

Dengan kompleksitas berbagai elemen fotografi, dan bagaimana menggunakannya,  kamera DLSR memang lebih memudahkan. Ada dua merk yang saya sarankan untuk DSLR yaitu Nikon dan Canon. Pada dua merk ini banyak komunitas pemakai yang dapat membantu Anda, selain juga ketersediaan lensa juga cukup banyak dibanding merk lain.

Sebelumnya sudah dijelaskan  faktor penting yaitu mengikuti mentor Anda agar lebih memudahkan Anda. Selain itu, keuntungan menyamakan merk kamera dengan mentor Anda adalah, Anda dapat meminjam lensa!  Atau kadang pabrikan memberikan istilah tersendiri untuk suatu hal di fotografi, dengan “bahasa” yang sama, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan arti istilah tersebut.

Namun demikian, terdapat beberapa hal yang membedakan antara Nikon vs Canon.  Pada umumnya, qualitas sensor Nikon lebih bagus. Namun dalam hal kecepatan, (focus dan shots per detik) Canon lebih unggul.

Kedua merk tersebut paling cocok untuk memulai belajar fotografi. Ikutilah komunitas atau mentor Anda, setelah Anda berpengetahuan cukup, Anda dapat memutuskan sendiri nantinya.

 

 

Komentar

comments

Similar Articles

Top