You are here
Home > Artikel > Multiexposure – Fitur DSLR Jarang Digunakan

Multiexposure – Fitur DSLR Jarang Digunakan

Banyak fitur dalam kamera DSLR yang seringkali tidak diperhatikan oleh fotografer karena mungkin tidak paham maksudnya. Padahal fitur-fitur tersebut berguna untuk menghasilkan foto dengan efek yang menakjubkan.

Salah satunya adalah fitur Multiexposure. Fitur ini terdapat di kamera DSLR Nikon hampir disemua seri, untuk Canon sepertinya hanya seri satu digit misalnya 5D, 1D dsb. Pengguna Canon dapat menggunakan fitur ini dengan menginstal Magic Lantern.

multiple exposure foto

Cara kerja fitur ini adalah dapat memotret hingga tiga kali yang oleh kamera akan di-merge dalam 1 frame secara otomatis. Asyiknya tuh.. fitur ini jika dipakai dalam lomba foto tidak akan menyalahi aturan, karena masih dari kamera.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

menu-multipleexposure

Pada menu Multiple exposure aktifkan dengan mengubahnya menjadi ON. Pilih number of shoot. Kemudian mulailah memotret. Saat memotret usahakan kamera tidak bergerak agar background yang difoto tidak berbayang. Anda dapat menggunakan tripod. Kecuali Anda menginginkan penggabungan dua foto yang berbeda misalnya gunung dan lautan maka yang perlu Anda lakukan adalah menyamakan prespektifnya.

Pada contoh foto berikut, background yang digunakan tetap, hanya menunggu momen sang penari bergerak. Agar gambar tidak bertumpuk perkirakan jarak antar gerakan cukup jauh.

multipleexposure-foto

Contoh foto saya pinjam dari kawan Romli bisa dilihat di IG nya @romliindonesian. Menggunakan Nikon D700 lensa 80-200mm.

Setelah selesai memotret jangan lupa untuk menonaktifkan fitur tersebut agar kembali ke mode pemotretan semula.

Selamat bereksperimen.

Komentar

comments

Similar Articles

Top