You are here
Home > Artikel > Motret Macro Tanpa Lensa Macro

Motret Macro Tanpa Lensa Macro

Foto Macro memang mempunyai keajaiban tersendiri. Foto yang menampilkan gambar super close upĀ ini mampu memberikan kejutan bagaimana keindahan dunia kecil dari jarak dekat. Untuk memotret sebuah foto macro dibutuhkan lensa khusus yang mampu menangkap subjek dari jarak yang sangat dekat. Lensa dengan kemampuan khusus ini harganya lumayan mahal, sehingga tidak semua fotografer mau berinfestasi membelinya.

Bagi Anda yang tertarik dengan foto macro, berikut solusi memotret macro tanpa menggunakan lensa macro yang sebenarnya. Hasilnya pun tidak kalah bagus.

Reverse Ring Adapter

reverse-ring

Alat ini digunakan untuk memasang lensa secara terbalik di kamera. Jadi ring tersebut di pasang di ujung lensa, dan kemudian dipasang pada mouting kamera. Efek dari membalik lensa adalah pembesaran dari subjek foto seperti fungsi lensa macro pada umumnya. Reverse ring banyak dijual di toko kamera dengan harga yang cukup murah.

reverse-ring-nikon-52mm-05_2

Karena posisi lensa yang terbalik, maka kita akan kehilangan beberapa fungsi otomatis (aperture & autofokus), jadi pengaturannya harus manual. Untuk menghasilkan foto macro yang bagus harus sering berlatih, karena rasio pembesaran yang cukup besar, maka titik fokus terkadang sulit didapatkan. Selain itu, gunakan tripod, karena dengan cara ini akan rawan getar yang mengakibatkan gambar shake dan tidak tajam.
Berikut hasil foto dengan Reverse ring dengan menggunakan lensa 50mm.
D90 50mm
d90 50mm1 macro

 

Komentar

comments

Similar Articles

Top