You are here
Home > Artikel > Cara Memperbaiki Foto Sebagian Gelap – Photoshop

Cara Memperbaiki Foto Sebagian Gelap – Photoshop

Pernahkan Anda mengalami saat memotret kemudian hasilnya sebagian foto gelap? Walaupun saat ini kamera cukup canggih, namun dalam kondisi tertentu (misalnya backlight), metering keliru mengukur cahaya. Atau dapat juga disebabkan kesalahan fotografer dalam mengatur settingan kamera. Berikut cara mudah memperbaiki foto dengan kondisi terang gelap tidak rata dengan menggunakan photoshop.

sasha2

Pada gambar di atas, subjek berdiri membelakangi matahari yang menyebabkan bagian bagian depan menjadi gelap. Jika Anda terbiasa mengedit dengan program Lightrooom atau Camera RAW, maka mengatasi hal ini cukup mudah. Dengan menggunakan Neutral Density atau Adjustment Brush pada software tersebut untuk mengangkat tingkat pencahayaan yang diinginkan.

Jika menggunakan Photoshop, berikut salah satu cara yang dapat digunakan. Cara ini yang sering kami gunakan dari sekian banyak trik untuk menerangkan sebagian foto yang gelap.

  1. Buka foto dengan photoshop. Tambahkan Level Adjustment layar seperti gambar di bawah

adjustment-layer

2. Ganti Blending Mode menjadi Screen. Gambar akan berubah menjadi lebih terang.

 

blending-mode

3. Langkah selanjutnya adalah memberikan mask pada layer tersebut secara terbalik.  Klik Image->Adjustments->Invert. Gambar akan kembali normal tetapi jika diperhatikan adjustment level berubah menjadi hitam, itu berarti Anda sudah pada langkah yang benar.

invert-level

4. Pilih Gradient Tool (G). Pilih jenis transparansinya seperti pada gambar berikut.

gradient-toolsgradient-tools2

5. Mulailah mengklik dan tarik pada bagian yang akan di terangkan dengan Gradient Tools tersebut. Anda dapat melihat arah gradient dengan Alt+Klik pada layer Adjustment. Alt+klik lagi untuk mengembalikan pada mode semula.

altkliksasha3

6. Jika dirasa kurang, duplicate layer adjustment level (klik kanan, Duplicate Layer), sesuaikan lagi gradient dan opacity-nya.

layer-duplicate

Hasil akhir:

sasha-final

 

Komentar

comments

Similar Articles

Top